Nih, Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Ada satu masalah yang hampir pasti membuat pengguna Android – baik yang masih pemula atau yang telah tahunan menggunakn – sebal. Yups tepat sekali! Kamu pasti sebal ketika ada pemberitahuan “sayangnya aplikasi telah berhenti” ketika sedang asik memainkannya.

Eits jangan terburu menggerutu atau bahkan membanting smartphone ya sebab ada cara mengatasi sayangya aplikasi telah berhenti. Kamu tak perlu merogoh kocek untuk melakukannya kok, yuk simak informas berikut ini:

Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti
  • Kenali dulu biang keladinya
Hal yang paling penting sebenarnya bukan hanya mengetahui solusi namun juga tahu penyebab sayangya aplikasi telah berhenti. Dalam perkembangannya ada banyak sekali hal yang menyebabka demikian, termasuk data crash. Sistem yang bekerja terlalu keras juga bisa menjadi dalan dibalik masalah ini lho. Bug atau system error adalah hal lain yang perlu diwaspadai; tak jarang koneksi data tak stabil juga jadi penyebabnya.
  • Bersihkan file sampah
Ada satu solusi klasik nan ampuh yang dapat menjadi “penyelamat” lho, yaitu membersihkan file sampah yang menumpuk di suatu aplikasi. Cara melakukannya sangatlah mudah, antara lain:
  1. Kamu dapat langsung menyiapkan perangkat kemudian menuju menu pengaturan atau setting
  2. Kamu akan menemukan cukup banyak sub-menu, scrool terus hingga menemukan menu application atau aplikasi
  3. Kamu dapat langsung swipe hingga menemukan daftar semua aplikasi
  4. Carilah aplikasi yang terhenti di tengah jalan tadi
  5. Buka aplikasi tersebut kemudian tap clear data dan clear cache
Selain memanfaatkan menu pengaturan cara mengatasi sayangnya aplikasi telah terhenti bisa dilakuan dengan bantuan aplikasi cleaner. Tentu saja penggunaan perangkat ini lebih sederhana karena biasanya otomatis membersihkan seluruhnya.
  • Copot pemasangan aplikasi kurang penting
Terbatasnya ruang penyimpanan device juga disinyalir menjadi penyebab utama munculnya ntifikas tersebut. Oleh karena itu coba lihat daftar aplikasi sobat lalu kurangilah perangkat yang sekiranya jarang atau bahkan tak pernah digunakan. Setelah itu ikuti langkah berikut:
  1. Bukalah menu pengaturan
  2. Scrool hingga sobat menemukan sub-menu aplikasi
  3. Buka kemudian carilah aplikasi yang akan dicopot, tap aplikasi tersebut lalu pilih uninstal
Kini ruang penyimpanan lebih lega setelah beberapa aplikasi yang tak pernah dipakai hilang dari perangkat ‘kan!
  • Uninstall aplikasi lalu pasang lagi
Munculnya notifikasi aplikasi berhenti terkadang disebabkan adanya error pada perangkat itu sendiri. Oleh karena itu hal yang paling bisa dilakukan adalah dengan mencopot aplikasi terlebih dahulu, kemudian memasangnya kembali.

Beberapa cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti tersebut cukup ampuh menjadi solusi lho. Oh iya setelah mencoba beberapa cara itu jangan lupa untuk terlebih dahulu restart handset agar lebih fresh dan siap bekerja dengan baik. Terakhir, pastikan kamu selalu mendapat versi terbaru aplikasi agar sistem terus berjalan “sempurna”.