4 Penyebab Kerusakan Pada Smartphone Android Yang Wajib Diketahui

13.23

4 Penyebab Kerusakan Pada Smartphone Android Yang Wajib Diketahui - Sebagian besar masyarakat tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebuah perangkat berukuran mungil yang bernama smartphone Android. Ya, smartphone atau ponsel pintar dengan sistem operasi Android memang sangatlah populer dan telah digunakan oleh hampir semua orang, bahkan saat ini smartphone berbasis Android telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern. Hal ini tentu tidaklah mengherankan sebab smartphone berbasis Android bisa menjalankan beragam fungsi yang akan sangat membantu aktivitas sehari-hari.




Terlebih lagi saat ini sebagian besar smartphone bersistem operasi Android telah dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni seperti misalnya prosesor yang berkecepatan tinggi, RAM berkapasitas besar, ruang penyimpanan yang luas, dan sebagainya. Hal tersebut tentu saja akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan berbagai hal melalui smartphone Android. Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, namun sama seperti perangkat elektronik yang lain, smartphone berbasis Android juga bisa mengalami kerusakan. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai 4 penyebab kerusakan pada smartphone Android.

4 Penyebab Kerusakan Pada Smartphone Android Yang Wajib Diketahui

1. Software Yang Bermasalah

Salah satu penyebab kerusakan pada smartphone Android adalah software yang bermasalah dan bisa terjadi karena beberapa hal seperti misalnya salah dalam pengaturan smartphone, sistem operasi yang bermasalah, kode keamanan, dan lainnya. Apabila software smartphone Android Anda mengalami masalah, maka Anda tidak perlu harus membongkar smartphone untuk memperbaikinya, tetapi Anda bisa memprogram ulang atau mengupdate sistem operasi untuk mengatasinya.

2. Kotoran dan Korosi

Kotoran dan korosi merupakan hal kedua yang juga menjadi penyebab smartphone Android mengalami masalah. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa smartphone bersistem operasi Android merupakan sebuah perangkat elektronika yang sangat sensitif terhadap kotoran serta korosi. Adanya kotoran akan bisa mengakibatkan beberapa tombol di smartphone menjadi tidak berfungsi, ditambah lagi jika terjadi korosi yang akan membuat smartphone Android tidak bisa berfungsi dengan normal.

3. Benturan

Hal berikutnya yang juga bisa menjadi penyebab rusaknya smartphone Android adalah benturan. Ya, benturan keras yang dialami oleh smartphone Android akan bisa mengakibatkan kerusakan pada berbagai komponen mekanik yang ada di dalam smartphone seperti misalnya komponen tidak terhubung dengan baik atau bahkan papan komponen menjadi bengkok. Meskipun benturan tidak mengakibatkan kerusakan fisik di bagian luar, namun Anda perlu mencurigai terjadinya kerusakan di bagian dalam smartphone.

4. Hubungan Arus Pendek

Penyebab kerusakan pada smartphone yang juga harus Anda ketahui adalah hubungan arus pendek atau korsleting, masalah yang satu ini biasanya terjadi karena smartphone Android terkena cipratan air ataupun malah justru tercebur ke dalam air. Tidak hanya itu saja, hubungan arus pendek yang terjadi pada smartphone Android juga bisa terjadi karena adapter charger yang rusak ataupun karena menggunakan adapter charger yang bukan merupakan bawaan dari smartphone.

Jika Anda merupakan seorang pengguna smartphone berbasis Android, maka sebaiknya Anda harus mengetahui beberapa penyebab kerusakan smartphone yang ada di atas.