Alasan Penting Mengapa Smartphone Android Perlu Diroot

13.28

Alasan Penting Mengapa Smartphone Android Perlu Diroot - Ponsel pintar atau smartphone adalah perangkat yang sangat populer, terutama smartphone yang bersistem operasi Android. Kepopuleran dari smartphone Android ini disebabkan karena perangkat tersebut telah bisa menjalankan fungsi yang sangat beragam. Di samping menjalankan fungsinya sebagai alat komunikasi, smartphone Android bisa Anda gunakan untuk mencari informasi di internet, mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dan berbagai macam fungsi lainnya.




Sebagai seorang pengguna smartphone Android, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah root. Perlu Anda ketahui bahwa root sendiri merupakan suatu proses untuk mengijinkan para pengguna Android guna mendapatkan hak untuk mengakses sistem Android secara penuh. Meskipun para vendor menyarankan para pengguna Android untuk tidak melakukan root, namun ternyata banyak pengguna Android yang tetap melakukannya. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai alasan penting mengapa smartphone Android perlu diroot.

Alasan Penting Mengapa Smartphone Android Perlu Diroot

1. Bisa Memasang Custom ROM

Alasan pertama mengapa smartphone Android perlu diroot adalah untuk memasang custom ROM, seperti yang Anda ketahui bahwa custom ROM akan menawarkan berbagai macam fitur menarik yang tidak akan didapatkan dari ROM bawaan. Anda saat ini telah bisa menemukan berbagai macam custom ROM yang bisa Anda unduh dari berbagi situs ataupun forum di dunia maya.

2. Bisa Memasang Custom Kernel

Hal kedua yang menjadi alasan mengapa smartphone bersistem operasi Android perlu diroot adalah untuk memasang custom kernel, perlu Anda ketahui bahwa kernel merupakan suatu software yang berfungsi untuk menjembatani antara sistem operasi dengan hardware. Anda juga akan bisa memilih berbagai macam custom kernel yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa ataupun daya tahan baterai.

3. Untuk Meningkatkan Daya Tahan Baterai

Alasan penting berikutnya mengapa smartphone Android perlu diroot adalah untuk meningkatkan daya tahan baterainya. Baterai yang boros merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna Android sehingga Anda harus sering melakukan charging. Dengan melakukan proses root, maka Anda akan bisa menghibernasi Android untuk meningkatkan daya tahan baterai.

4. Menghapus Aplikasi Bawaan

Salah satu alasan mengapa smartphone Android perlu diroot adalah untuk menghapus aplikasi bawaan atau bloatware. Ya, aplikasi bawaan memang akan membuat memori internal menjadi penuh, padahal tidak semua aplikasi bawaan memiliki fungsi yang penting sehingga jarang Anda gunakan. Untuk bisa menghapus aplikasi bawaan atau bloatware, maka Anda harus melakukan root terlebih dahulu.

5. Memasang Aplikasi Yang Tidak Kompatibel

Alasan kelima mengapa smartphone Android perlu diroot adalah agar bisa memasang aplikasi yang tidak kompatibel. Perlu Anda ketahui bahwa ada sebagian operator yang membatasi aplikasi tertentu karena dianggap bersaing dengan aplikasi mereka sendiri ataupun karena batasan wilayah. Anda akan tetap bisa memasang aplikasi yang tidak kompatibel dengan melakukan proses root.

Ada banyak pengguna Android yang masih ragu untuk melakukan root, padahal ada beberapa alasan mengapa smartphone Android perlu diroot.