Cara Menghilangkan Safe Mode di Android

12.04



Cara Menghilangkan Safe Mode di Android - Anda tentunya telah mengetahui bahwa Android merupakan sistem operasi mobile yang saat ini sangat populer, hal ini bisa dilihat dari pengguna perangkat Android yang jumlahnya terus meningkat seiring dengan waktu. Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan secara resmi oleh Google dan ditujukan kepada perangkat mobile yang telah mengusung teknologi layar sentuh seperti misalnya tablet serta smartphone. Sistem operasi Android sendiri memiliki banyak sekali kelebihan sehingga menjadikannya sangat popular di seluruh dunia.

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, namun sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini juga memiliki kekurangan di mana sistem operasi ini terkadang mengalami error atau masalah. Jika hal ini terjadi, maka solusinya adalah masuk ke safe mode untuk memperbaiki penyebab errornya. Tetapi terkadang Android masuk ke dalam safe mode secara otomatis di mana Android tiba-tiba restart sendiri dan kembali booting untuk masuk ke safe mode yang mana hal ini tentu akan sangat mengganggu, berikut ini akan kami ulas cara menghilangkan safe mode di Android.

Cara Menghilangkan Safe Mode di Android

1. Melakukan Restart

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan safe mode di Android adalah dengan melakukan restart, perlu diketahui bahwa safe mode sebenarnya merupakan salah satu fitur di Android yang berfungsi untuk mencegah aplikasi berbahaya terpasang di smartphone tersebut, namun fitur ini terkadang mendeteksi aplikasi yang tidak berbahaya sebagai aplikasi mencurigakan. Untuk itu, Anda bisa melakukan restart smartphone untuk mengatasinya.

2. Melepas Baterai

Melepaskan baterai juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan safe mode di Android, namun tentu saja cara yang satu ini hanya bisa dilakukan pada smartphone Android yang memiliki baterai berjenis removable atau dapat dilepas. Jika snartphone tiba-tiba masuk ke safe mode secara otomatis, maka Anda bisa mematikan smartphone terlebih dahulu kemudian lepaskan baterainya dan biarkan selama 30 detik sebelum memasang dan menghidupkannya kembali.

3. Menghapus Aplikasi Yang Error

Apabila smartphone Android masuk ke safe mode dengan sendirinya, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara menghapus aplikasi yang error. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa safe mode bertujuan untuk mencegah aplikasi yang berpotensi membahayakan sistem terpasang di dalam smartphone. Oleh karena itulah Anda bisa segera menghapus aplikasi-aplikasi berbahaya terutama yang tidak didapatkan dari Google Play Store.

4. Membersihkan Cache

Cara berikutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk menghilangkan safe mode di Android adalah dengan membersihkan cache. Perlu Anda ketahui bahwa cache sebenarnya akan membantu proses loading pada suatu aplikasi ataupun browser, namun cache yang dibiarkan terlalu lama akan terus menumpuk dan akan bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Untuk itulah maka Anda bisa mencoba untuk membersihkan cache guna menghilangkan safe mode di Android.

Jika Anda sering mengalami masalah smartphone Android yang masuk ke safe mode, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang telah diulas di atas.