Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Yang Sering Mati Sendiri

23.21




Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Yang Sering Mati Sendiri - Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan smartphone Android, pasalnya perangkat yang satu ini memang begitu populer. Kepopuleran smartphone atau ponsel pintar berbasis Android tidak lain dikarenakan perangkat mungil yang satu ini memiliki fungsi yang sangat beragam. Ya, smartphone dengan sistem operasi Android memang telah bisa digunakan untuk bermain game, melakukan komunikasi, mendengarkan musik, mencari informasi di internet, bertransaksi bisnis, dan lainnya.

Smartphone berbasis Android memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan smartphone dengan sistem operasi yang lain, di antaranya adalah ketersediaan aplikasi yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android memiliki sifat open source yang akan memudahkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi bagi platform Android. Meskipun memiliki begitu banyak kelebihan, namun terkadang Android juga mengalami beberapa masalah seperti misalnya tiba-tiba mati sendiri sehingga akan sangat mengganggu, berikut ini akan kami ulas cara untuk mengatasinya.

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Yang Sering Mati Sendiri

1. Mencabut Bateriai dan Memori Eksternal

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphoneAndroid yang sering mati sendiri adalah dengan mencabut baterai dan kartu memori eksternalnya. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada smartphone dengan baterai yang berjenis removable, Anda bisa mencabut baterai dan juga kartu memori eksternal dan membiarkannya paling tidak selama 30 detik sebelum memasangnya kembali.

2. Membersihkan Cache

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perangkat berbasis Android yang sering mati sendiri yakni dengan membersihkan cache, hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena cache yang terlalu lama dibiarkan akan terus menumpuk sehingga akan bisa menyebabkan sistem Android sering mati sendiri, alangkah baiknya apabila Anda membersihkan cache secara berkala.

3. Perbarui Aplikasi Yang Terpasang

Untuk mengatasi perangkat Android yang sering tiba-tiba mati sendiri, maka tidak ada salahnya apabila Anda memperbarui aplikasi yang terpasang pada perangkat tersebut. Pasalnya aplikasi yang lama tidak diperbarui biasanya akan memiliki bug yang mengakibatkan berbagai macam masalah, maka dari itulah sebaiknya Anda melakukan pembaruan aplikasi setiap kali keluar versi yang terbaru.

4. Mengganti Memori Eksternal

Apabila smartphone Android yang Anda miliki sering mati sendiri, maka Anda bisa mencoba untuk mengganti kartu memori eksternalnya. Cara ini juga cukup efektif, pasalnya kartu memori eksternal yang mengalami kerusakan akan mampu untuk mempengaruhi kinerja sistem Android, oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda mengganti kartu memori eksternalnya dengan yang baru.

5. Menghapus Aplikasi Tertentu

Cara selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang sering mati dengan sendirinya adalah dengan menghapus aplikasi tertentu. Perlu diketahui bahwa ada beberapa aplikasi tertentu yang akan membebani kinerja RAM karena terus berjalan di latar belakang, beberapa aplikasi tersebut biasanya merupakan aplikasi penghemat baterai dan aplikasi booster.
Jika Anda mengalami masalah smartphone Android yang tiba-tiba mati sendiri, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di atas.