Cara Paling Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android

13.00




Cara Paling Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android - Ponsel pintar atau lebih sering disebut dengan smartphone kini telah dianggap sebagai sebagai perangkat serbaguna karena perangkat ini memang telah bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Oleh karena itulah maka smartphone berbasis Android menjadi perangkat yang sangat populer, bahkan smartphone Android telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat modern. Fungsi dari smartphone Android yang begitu beragam memang akan sangat membantu aktivitas sehari-hari.

Ponsel pintar Android kini tidak lagi hanya bisa berfungsi sebagai alat komunikasi, namun telah bisa digunakan untuk bermain game, berselancar di internet, mendengarkan musik, dan sebagainya. Smartphone berbasis Android tentu saja membutuhkan sumber energi berupa baterai untuk bisa menjalankan berbagai fungsinya tersebut. Apabila Anda sering menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai hal secara terus menerus, tentu akan membuat baterainya boros, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara menghemat baterai Android.

Cara Paling Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android

1. Gunakan Wallpaper Hitam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan menggunakan wallpaper yang berwarna hitam. Perlu Anda ketahui bahwa layar smartphone hanya bekerja pada saat terdapat pixel yang memiliki warna selain hitam sehingga semakin banyak piksel berwarna hitam atau berwarna gelap akan mampu untuk menghemat pemakaian daya baterai.

2. Tidak Menggunakan Auto Brightness

Untuk menghemat baterai smartphone, sebaiknya Anda tidak mengaktifkan fitur auto brightness. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa hampir semua smartphone Android telah dilengkapi dengan fitur auto brightness yang akan mampu untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi di sekitar, namun fitur ini akan mengkonsumsi daya baterai dengan cepat.

3. Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Cara ketiga yang juga bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang tidak Anda tutup akan terus berjalan di latar belakang yang mana hal ini akan bisa membebani kinerja RAM sehingga mengakibatkan baterai menjadi boros, oleh karena itu Anda harus segera menutup aplikasi yang sudah selesai digunakan.

4. Menggunakan Aplikasi Versi Ringan

Android merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki ketersediaan aplikasi yang sangat banyak, namun penggunaan aplikasi tersebut tentu saja akan menguras daya baterai smartphone. Untuk menghemat baterai smartphone, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan aplikasi versi ringan atau versi lite yang saat ini bisa dengan mudah Anda temukan di Play Store.

5. Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Cara berikutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone Android adalah menggunakan aplikasi penghemat baterai. Seperti yang bisa Anda lihat bahwa saat ini terdapat banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang bias Anda unduh di Google Play Store di mana aplikasi-aplikasi tersebut telah terbukti cukup efektif untuk bisa menghemat baterai smartphone.

Jika Anda ingin menghemat baterai smartphone, maka Anda bisa mencoba beberapa cara yang telah disebutkan di atas.