Manfaat Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui

20.09




Manfaat Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui - Tak bisa kita pungkiri bahwa ponsel pintar atau smartphone berbasis Android adalah perangkat yang sangat populer di mana perangkat mungil ini telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Bahkan smartphone Android telah dianggap sebagai suatu kebutuhan bagi masyarakat modern, hal ini dikarenakan smartphone telah mampu menjalankan berbagai fungsinya yang sangat beragam sehingga tentu saja akan sangat membantu aktivitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan.

Istilah factory reset tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone berbasis Android. Sesuai dengan namanya, factory reset merupakan proses untuk mengenbalikan smartphone ke setelan pabrik. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa factory reset merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi di Android, hanya saja cara ini juga akan menghapus semua data yang disimpan. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa manfaat factory reset di Android yang wajib diketahui.

Manfaat Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui

1. Menghapus Virus dan Malware

Salah satu manfaat dari factory reset adalah mampu menghapus virus dan malware. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa sistem operasi Android memiliki kelemahan yakni rentan terserang virus ataupun malware. Serangan virus atau malware tentu saja akan sangat mengganggu kinerja smartphone, Anda bisa menghapus virus dan malware di smartphone dengan melakukan factory reset.

2. Mengembalikan Performa Android

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa performa dari smartphone Android akan semakin menurun seiring dengan lamanya waktu pemakaian, hal ini biasanya disebabkan karena ruang penyimpanan yang semakin penuh dan juga cache yang semakin menumpuk. Selain menghapus aplikasi dan cache, Anda juga bisa melakukan factory reset untuk mengembalikan performa Android.

3. Menghapus Aplikasi Hingga ke Akarnya

Manfaat ketiga dari factory reset di smartphone Android adalah untuk menghapus aplikasi hingga ke akarnya. Perlu diketahui bahwa jika Anda menghapus suatu aplikasi di Android, sebenarnya aplikasi tersebut masih menyisakan sisa atau biasa disebut dengan residual file yang mana akan bisa memenuhi memori. Untuk bisa menghapus aplikasi hingga tuntas, maka Anda harus melakukan factory reset.

4. Menghapus File Tidak Berguna Yang Dibuat Oleh Aplikasi

Manfaat selanjutnya dari factory reset di Android yaitu untuk menghapus file tidak berguna yang dibuat oleh aplikasi. Sebernarnya hal yang satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya di mana setiap aplikasi yang terinstal di perangkat Android akan meninggalkan file yang sebenarnya tidak berguna, namun Anda bisa melakukan factory reset untuk menghapus file tersebut.

5. Mengosongkan Ruang Penyimpanan Internal

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa smartphone Android sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam file baik itu file dokumen, musik, gambar, video, dan sebagainya. Namun perlu Anda ketahui bahwa menyimpan file di memori internal akan membuatnya penuh dan mengakibatkan berbagai masalah, Anda bisa mengosongkan memori internal dengan melakukan factory reset.

Fitur factory reset memang tersedia di setiap smartphone Android, sebaiknya Anda mengetahui beberapa manfaat factory reset seperti yang telah diulas di atas.