Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

20.28




Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot - Saat ini smartphone atau ponsel pintar yang bersistem operasi Android telah menjadi perangkat yang paling populer. Hal ini sangatlah wajar karena ponsel pintar Android telah mampu untuk menjalankan fungsi yang beragam sehingga sangatlah membantu aktivitas, hal tersebut menjadikan smartphone seolah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat modern. Selain digunakan untuk melakukan komunikasi, smartphone ini juga telah bisa digunakan untuk bermain game, berselancar di internet, dan lainnya.

Apalagi saat ini smartphone bersistem operasi Android telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni di antaranya prosesor dengan kecepatan tinggi, ruang penyimpanan yang luas, RAM berkapasitas besar, dan sebagainya yang mana hal tersebut akan mempermudah Anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Meskipun mengusung spesifikasi yang mumpuni, namun terkadang performa smartphone terasa lambat atau lemot sehingga sangatlah menjengkelkan, berikut ini akan kami ulas penyebab dan cara mengatasi smartphone Android yang lemot.

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot


Penyebab Smartphone Android Lemot


1. Memori Smartphone Penuh

Salah satu hal yang menjadi penyebab mengapa smartphone Android kinerjanya menjadi lambat adalah karena memorinya yang terlalu penuh. Seperti yang Anda ketahui bahwa ruang penyimpanan yang terdapat pada smartphone terbagi menjadi dua yakni memori internal serta memori eksternal, apabila salah satu atau kedua jenis memori tersebut terlalu penuh maka akan mengakibatkan Android menjadi lemot.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Hal kedua yang menyebabkan kinerja smartphone Android menjadi lemot adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sistem operasi Android memang memiliki kemampuan untuk melakukan multitasking, namun demikian jika Anda membuka aplikasi terlalu banyak dalam satu waktu akan bisa membebani kinerja RAM dan menyebabkan kinerjanya lambat.

3. Menggunakan Terlalu Banyak Widget

Penyebab ketiga yang bisa mengakibatkan kinerja smartphone Android menjadi lambat yakni karena Anda menggunakan terlalu banyak widget. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa sistem operasi Android memang memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai macam widget di homescreen. Namun sebaiknya Anda menggunakan widget yang penting saja, karena penggunaan widget terlalu banyak akan membebani RAM.

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot


1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Untuk mengatasi smartphone Android yang kinerjanya lambat, Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena aplikasi yang terlalu banyak terpasang di Android akan memenuhi ruang penyimpanan. Setelah Anda menghapus aplikasi yang tidak digunakan, maka ruang penyimpanan akan lebih lega sehingga kinerja Android lebih cepat.

2. Membersihkan Cache
 
Selain menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan, Anda juga bisa membersihkan cache untuk mengatasi masalah Android yang kinerjanya lemot. Seperti yang Anda tahu bahwa cache akan terus menumpuk jika dibiarkan sehingga akan membuat RAM terbebani dan juga memenuhi ruang penyimpanan, maka dari itulah Anda hendaknya membersihkan cache secara rutin.

Jika Anda ingin mengatasi Android yang kinerjanya lambat, maka tidak ada salahnya apabila Anda melakukan beberapa cara di atas.